Skip to main content

Konsep class dan Object


Konsep Class
Sebuah class menggambarkan ciri-ciri objek secara umum. Sebagai contoh kita memiliki objek Lamborghini yang merupakan bagian dari class mobil.
Sebuah Class didalamnya harus terdapat method dan atribut. Method adalah tingkah laku/behavior atau segala action yang dilakukan terhadap objek tersebut. Sedangkan atribut adalah karakteristik dari sebuah objek tersebut. Atribut bisa juga disebut sebagai variabel.  Perhatikanlah gambar berikut: 


Cara pendeklarasian class:

Keterangan :
Akses Modifier, merupakan pengaturan hak akses pada class tersebut, dengan adanya akses modifier maka akan menentukkan sejauh mana class tersebut dapat diakses class atau package yang lain.
Keyword Class, keyword ini digunakan untuk membuat class.
Class body merupakan tempat untuk meletakkan kontruktor, variabel, dan method.

Contoh penulisan pembuatan class:
Public class Mobil {
    Private String merk;
    Private String tipe;
    
Public void setMerk (String merk){
    this.merk = merk;
}
public void setTipe (String t){
     tipe = t;
}
public String getMerk (){
    return merk;
}
public String getTipe()
   return tipe;
}


Konsep Object
Dalam pemrograman berorientasi objek, sebuah objek merupakan representatif dari sebuah class. Untuk dapat menggunakan kelas yang telah didefinisikan, maka harus dibuat  sebuah objek dari kelas tersebut (instance class), dengan syntax:
NamaKelas namaObjek = new NamaKelas ();

      Contoh pembuatan objek :
     Hitungluas segitiga = new Hitungluas();

      Segitiga adalah objek reference dari class Hitungluas yang akan digunakan untuk mengakses class Hitungluas.    


Anonymous Object / Objek tak bernama
Anonymous object adalah objek yang tidak memiliki nama dimana object ini hanya dapat digunakan satu kali saja karena setlah digunakan objek ini akan dihapus secara langsung.


Public void getMerk()
     {
         System.out.println ( new String (“Toyota”));
     }


Penggunaan Keyword "this" 
    Untuk membedakan antara variabel dengan variabel parameter maka digunakan keyword "this".
Perhatikan contoh script dibawah ini:
Public void setMerk(String merk)
     {
         this.merk = merk;

     }




Comments

Popular posts from this blog

GUI pada Java

Pengenalan Grafical User Interface GUI merupakan antar muka grafis   yang memfasilitasi interaksi antara pengguna dengan program aplikasi. Java class Library (Java API) memiliki beberapa class yang terletak dalam sebuah package yang nantinya dapat dipergunakan kembali. Java Class Library atau Java API untuk Aplikasi GUI terdiri dari: 1.  AWT (Abstract Window Toolkit) ,  Library dan komponen GUI (java.awt) yang pertama kali diperkenalkan oleh Java, Sun tidak merekomendasikan lagi penggunaan komponen GUI dari AWT. 2.    Swing atau JFC (Java Foundation Class),  Library dan komponen GUI (javax.swing) terbaru dari java dan yang direkomendasikan sun untuk pemrograman GUI. Komponen swing sebagian besar adalah turunan dari AWT namun lebih lengkap dari AWT. Library Siwng ini berisi kelas-kelas dan juga interface untuk komponen GUI yang nantinya akan digunakan untuk tampilan. Didalam Java Swing terdiri dari dua bagian yaitu: 1.    ...