KONEKSI
ANTAR MATERI MODUL 1.2
NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
OLEH : VEBRIYANTI DWI ANGGRAINI, M.Pd
CGP ANGKATAN 7 / SMK NEGERI 2 MOJOKERTO
PERISTIWA
Moment
yang paling menantang namun mencerahkan bagi saya adalah saat proses
pembelajaran modul 1.1 tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara dan modul 1.2
tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak. Pada modul 1.1, guru harus
berpedoman pada semboyan ing
ngarso sang tulodho, ing madyo mangun karsa, tut wuri handayani. Guru
harus menjadi tauladan yang baik bagi, selalu menuntun siswa menemukan ide-ide
kreatifnya, dan selalu memberikan dukungan pada siswanya. Dalam modul 1.2, guru
yang baik haruslah memiliki lima nilai dasar antara lain berpihak pada siswa,
mandiri, kolaborasi, refleksi, dan inovatif. Koneksi antara modul 1.1 dan 1.2
adalah sebagai guru haruslah selalu berpihak pada siswa, mandiri, dapat
berkolaborasi, selalu merefleksi diri, dan selalu berinovasi untuk meningkatkan
minat dan motivasi belajar siswa. Guru harus selalu mengayomi siswanya dan
selalu mendampingi siswa untuk menemukan kebahagiaan dan keselamatan dalam
hidupnya. Dengan guru selalu merefleksi diri untuk menemukan kekurangan dan
diiringi mengupdate pengetahuan secara mandiri, selalu berkolaborasi untuk
menemukan solusi, dan berinovasi untuk membuat pembaharuan-pembaharuan maka
pembelajaran berpihak pada murid yang sesuai dengan semboyan Ki Hajar Dewantara
akan terwujud.
PERASAAN
Terbuka,
senang, dan bersemangat. Tiga kata yang dapat menggambarkan perasaan setelah
mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2. Terbuka, artinya dengan mempelajari filosofi
pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak membuat
lebih paham bahwa pembelajaran yang menyenangkan akan sangat bermakna bagi
siswa. Senang, dengan mempelajari modul 1.1 dan 1.2 secara Bersama-sama atau berkolaborasi,
maka akan banyak ide, gagasan, dan pengetahuan dari rekan sejawat yang dapat
diadopsi untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak pada murid. Bersemangat, merupakan
sebuah tindakan untuk selalu siap dan tertantang dalam melakukan perubahan yang
lebih baik.
PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2, membuat lebih terbuka. Pada awalnya
pemikiran mengenai tingkat pemahaman siswa dilihat dari skor dalam sebuah mata
pelajaran adalah nilai penting. Namun, pembelajaran yang menyenangkan, yang
berpihak pada murid, yang membuat murid nyaman dan senang, akan lebih
meningkatkan motivasi belajar dan berdampak pada hasil belajar.
PENERAPAN
KE DEPAN (RENCANA)
Pengembangan
diri Yang dapat dilakukan untuk membantu menguatkan nilai nilai dan peran sebagai
guru penggerak adalah dengan mengikuti webinar,workshop,pelatihan atau diklat
untu meningkatkan kompetensi diri. Melakukan kolaborasi dengan rekan kerja
dalam mendesain pembelajaran yang berpusat pada murid, membuat inovasi-inovasi
untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, serta selalu melakukan
refleksi disetiap kegiatan untuk menemukan kekurangan dan melakukan
perbaikan-perbaikan.

Comments
Post a Comment