Skip to main content

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.2 NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

 

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.2
NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

OLEH : VEBRIYANTI DWI ANGGRAINI, M.Pd
CGP ANGKATAN 7 / SMK NEGERI 2 MOJOKERTO


 

PERISTIWA

Moment yang paling menantang namun mencerahkan bagi saya adalah saat proses pembelajaran modul 1.1 tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara dan modul 1.2 tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak. Pada modul 1.1, guru harus berpedoman pada semboyan ing ngarso sang tulodho, ing madyo mangun karsa, tut wuri handayani. Guru harus menjadi tauladan yang baik bagi, selalu menuntun siswa menemukan ide-ide kreatifnya, dan selalu memberikan dukungan pada siswanya. Dalam modul 1.2, guru yang baik haruslah memiliki lima nilai dasar antara lain berpihak pada siswa, mandiri, kolaborasi, refleksi, dan inovatif. Koneksi antara modul 1.1 dan 1.2 adalah sebagai guru haruslah selalu berpihak pada siswa, mandiri, dapat berkolaborasi, selalu merefleksi diri, dan selalu berinovasi untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Guru harus selalu mengayomi siswanya dan selalu mendampingi siswa untuk menemukan kebahagiaan dan keselamatan dalam hidupnya. Dengan guru selalu merefleksi diri untuk menemukan kekurangan dan diiringi mengupdate pengetahuan secara mandiri, selalu berkolaborasi untuk menemukan solusi, dan berinovasi untuk membuat pembaharuan-pembaharuan maka pembelajaran berpihak pada murid yang sesuai dengan semboyan Ki Hajar Dewantara akan terwujud.

 

PERASAAN

Terbuka, senang, dan bersemangat. Tiga kata yang dapat menggambarkan perasaan setelah mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2. Terbuka, artinya dengan mempelajari filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak membuat lebih paham bahwa pembelajaran yang menyenangkan akan sangat bermakna bagi siswa. Senang, dengan mempelajari modul 1.1 dan 1.2 secara Bersama-sama atau berkolaborasi, maka akan banyak ide, gagasan, dan pengetahuan dari rekan sejawat yang dapat diadopsi untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak pada murid. Bersemangat, merupakan sebuah tindakan untuk selalu siap dan tertantang dalam melakukan perubahan yang lebih baik.

 

PEMBELAJARAN

Setelah mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2, membuat lebih terbuka. Pada awalnya pemikiran mengenai tingkat pemahaman siswa dilihat dari skor dalam sebuah mata pelajaran adalah nilai penting. Namun, pembelajaran yang menyenangkan, yang berpihak pada murid, yang membuat murid nyaman dan senang, akan lebih meningkatkan motivasi belajar dan berdampak pada hasil belajar.

 

PENERAPAN KE DEPAN (RENCANA)

Pengembangan diri Yang dapat dilakukan untuk membantu menguatkan nilai nilai dan peran sebagai guru penggerak adalah dengan mengikuti webinar,workshop,pelatihan atau diklat untu meningkatkan kompetensi diri. Melakukan kolaborasi dengan rekan kerja dalam mendesain pembelajaran yang berpusat pada murid, membuat inovasi-inovasi untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, serta selalu melakukan refleksi disetiap kegiatan untuk menemukan kekurangan dan melakukan perbaikan-perbaikan.

 

Comments

Popular posts from this blog

GUI pada Java

Pengenalan Grafical User Interface GUI merupakan antar muka grafis   yang memfasilitasi interaksi antara pengguna dengan program aplikasi. Java class Library (Java API) memiliki beberapa class yang terletak dalam sebuah package yang nantinya dapat dipergunakan kembali. Java Class Library atau Java API untuk Aplikasi GUI terdiri dari: 1.  AWT (Abstract Window Toolkit) ,  Library dan komponen GUI (java.awt) yang pertama kali diperkenalkan oleh Java, Sun tidak merekomendasikan lagi penggunaan komponen GUI dari AWT. 2.    Swing atau JFC (Java Foundation Class),  Library dan komponen GUI (javax.swing) terbaru dari java dan yang direkomendasikan sun untuk pemrograman GUI. Komponen swing sebagian besar adalah turunan dari AWT namun lebih lengkap dari AWT. Library Siwng ini berisi kelas-kelas dan juga interface untuk komponen GUI yang nantinya akan digunakan untuk tampilan. Didalam Java Swing terdiri dari dua bagian yaitu: 1.    ...